Ekstruksi Magma dan Tipe Letusan Gunung Api

LENGAYANG'S BLOG

on Selasa, Januari 31 | Selasa, Januari 31, 2012

Ekstruksi Magma
    Ekstruksi magma, yaitu proses keluarnya magma dari dalam bumi sampai kepermukaan bumi. Materi hasil ekstruksi magma dapat berupa :
  1. Lava, yaitu magma yang keluar sampai ke permukaan bumi dan mengalir ke permukaan bumi.
  2. Lahar, yaitu material campuran antara lava dengan materi-materi yang ada dipermukaan bumi berupa pasir, kerikil, debu, dan lain-lain dengan air sehingga membentuk lumpur.
  3. Eflata dan piroklasita, yaitu material padat berupa bom, lapili, kerikil, dan debu vulkanik.
  4. Ekhalasi (gas) yaitu material yang berupa gas asam seperti fumarola (sumber uap air dan zat lemas), solfatar (sumber gas belerang), dan mofel (gas asam arang

Ekstruksi identik dengan erupsi atau letusan gunungapi yang dapat dibedakan menjadi dua, yaitu erupsi dan eksplosif
(1)   Erupsi efusif, yaitu erupsi berupa lelehan lava melalui retakan atau rekahan atau lubang kawah suatu gunungapi.
(2)   Erufsi eksplosif, yaitu erupsi berupa ledakan dengan mengeluarkan bahan-bahan padat (eflatal Piroklastika) berupa bom, lapili, kerikil, dan debu vulkanik bersama-sama dengan gas dan fluida.

Berdasarkan tempat keluarnya magma erupsi dapat dibedakan menjadi empat, yaitu sebagai berikut :
(1)   Erupsi Linear, yaitu peristiwa keluarnya magma melalui celah atau retakan yang memanjang, sehingga membentuk deretan gunungapi.

(2)   Erupsi areal, yaitu letusan yang terjadi jika letak magma dekat dengan permukaan bumi.

(3)   Erupsi sentral, jika letusan yang terjadi keluar dari sebuah lubang yang membentuk gunungapi yang terpisah-pisah. Erupsi sentral menghasilkan tiga gunungapi, yaitu sebagai berikut :
a.       Gunungapi perisai (Shield Volcanoes), yaitu sebuah gunungapi yang beralas luas dan belerang landai, merupakan hasil erupsi efusif magma yang cair.

b.      Gunungapi maar, merupakan hasil erupsi eksplosif yang tidak terlalu kuat dan hanya sekali saja.
 
c.       Gunungapi strato atau kerucut, merupakan hasil campuran, efusif dan eksplosif yang berulang kali. Gunungapi ini berbentuk kerucut dan badannya berlapis-lapis.

d.      Erupsi freatik, yaitu letusan yang berasal dari dalam lapisan litosfer akibat meningkatnya tekanan uap air.

Pada umumnya bentuk gunungapi di Indonesai adalah strato (kerucut). Gunungapi yang pernah meletus, umumnya berpuncak datar. Oleh karena itu, di Indonesia sering terjadi peristiwa gunung meletus. Magma yang keluar dipermukaan bumi dapat berupa padat, cair, dan gas. Material yang dikeluarkan oleh gunungapi tersebut, antara lain :
  1. Eflata (material padat) berupa lapili, kerikil, pasir, dan debu. Lava dan lahar berupa material cair.
  2. Ekshalasi (gas) berupa nitrogen belerang dan gas asam.

Menurut tipe letusannya, gunungapi dapat dibedakan seperti yang dijelaskan berikut ini :
1)      Tipe Hawai
Tipe ini mempunyai ciri, yaitu lava cair yang mengalir keluar (letusan air mancur). Contoh : Gunung Mauna Loa di Kepulauan Hawaii.
2)      Tipe Stromboli
Tipe stromboli mempunyai ciri-ciri yaitu seringnya terjadi letusan-letusan kecil yang tidak begitu kuat, namun terus menerus, dan banyak mengeluarkan efflata. Contoh, Gunung Vesuvius di Italia, Gunung Raung di Jawa, dan Gunung Batur di Bali.
3)      Tipe Vulkano
Tipe vulkano mempunyai ciri-ciri, yaitu cairan magma yang kental dan dapur magma yang bervariasi dari dangkal sampai dalam.
4)      Tipe Perret
Tipe perret termasuk tipe yang sangat merusak karena ledakannya sangat dahsyat. Contoh, letusan Gunung Krakatau pada tahun 1983 merupakan tipe perret yang letusannya paling kuat dengan fase gas setinggi 50 km.
5)      Tipe Merapi
Lava kental yang mengalir keluar perlahan-lahan dan membentuk sumbal kawah adalah ciri-ciri tipe merapi.
6)      Tipe St. Vincent
Tipe letusan ini merupakan tipe lava yang kental, tekanan gas sedang, dan dapur magma yang dangkal. Contoh, Gunung Kelud dan St. Vincent.
7)      Tipe Pelle
Tipe letusan yang cirikan dengan lava kental, tekanan gas tinggi, dan dapur magma yang dalam. Contoh, Gunung Montagne Pelee di Amerika Tengah.


/[ 0 komentar Untuk Artikel Ekstruksi Magma dan Tipe Letusan Gunung Api]\

Poskan Komentar

Yang Mau Kasih Saran dan Kritikan Atau Ada Yang Bingung Untuk Cara Download Silakan Koment di Bawah ini... Terima Kasih Kunjungannya