Pengertian Gelombang Mekanik

LENGAYANG'S BLOG

on Kamis, Januari 24 | Kamis, Januari 24, 2013



Gejala gelombang pada slinky maupun tali merupakan gejala gelombang yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Gelombang yang terjadi pada contoh-contoh di atas merupakan contoh gelombang mekanik. Gelombang mekanik adalah gelombang yang memerlukan media untuk merambat. Berdasarkan arah rambat dan arah getarnya, gelombang dibedakan atas gelombang transversal dan gelombang longitudinal. Gelombang transversal adalah gelombang yang arah rambatnya tegak lurus dengan arah getarnya. Contoh gelom-bang jenis ini adalah gelombang pada tali. Sedangkan gelombang longitudinal adalah gelombang yang memiliki arah rambat se-jajar dengan arah getarnya. Contoh gelombang longitudinal adalah gelombang pada slinky.
Istilah-istilah yang berhubungan dengan gelombang sebagai berikut.
1.      Panjang Gelombang
Untuk memahami pengertian panjang gelombang, perhatikan gambar berikut. abc, efg adalah bukit gelombang cde, ghi adalah lembah gelombang titik b, f adalah puncak gelombang titik d, h adalah dasar gelombang abcde, bcdef, cdefg, dan se-terusnya adalah satu gelombang. Panjang a–e, b–f, c–g, d–h, dan se-terusnya adalah panjang satu gelombang atau sering disebut panjang gelombang (O= dibaca lamda).
2.      Periode gelombang (T), yaitu waktu
Yang diperlukan untuk menempuh satu gelombang.
3.      Frekuensi gelombang (f), yaitu jumlah gelombang tiap sekon.
4.      Cepat rambat gelombang (v), yaitu jarak yang ditempuh gelombang tiap sekon.


/[ 0 komentar Untuk Artikel Pengertian Gelombang Mekanik]\

Poskan Komentar

Yang Mau Kasih Saran dan Kritikan Atau Ada Yang Bingung Untuk Cara Download Silakan Koment di Bawah ini... Terima Kasih Kunjungannya